Liena Ozora berpose didepan bus Agra Mas - Instagram/liena_ozora

RODANESIA.COM - Pada umumnya, untuk menjadi seorang sopir bus dibutuhkan skill dan kondisi kesehatan fisik dan mental yang prima.

Hal tersebut menjadi syarat penting karena sopir bus akan mengendarai kendaraan yang cukup besar dan menempuh perjalanan yang cukup jauh selama berjam – jam.

Akan tetapi, hal tersebut tidak menjadi kendala bagi para wanita heroik yang bekerja sebagai sopir bus AKAP untuk menjalani rutinitas yang umumnya diisi oleh laki-laki.

Disamping mempunyai fisik dan tenaga yang kuat, skill para wanita ini  juga terbilang lihai untuk mengendalikan kendaraan besar selama menempuh perjalanan dengan rute panjang.

Untuk itu, siapa saja sih mereka yang berprofesi sebagai sopir bus wanita. Dirangkum oleh Rodanesia, inilah beberapa wanita tersebut.

  1. Liena Ozora (PO Agra Mas)

Wanita yang biasa dipanggil Lina ini adalah seorang wanita berprofesi sebagai sopir bus Agra Mas jurusan Wonogiri – Jakarta.

Sempat merasa sungkan untuk bersosialisasi  sesama sopir bus karena mayoritas mereka adalah pria, seiring berjalannya waktu Lina akhirnya nyaman pada profesinya.

Lina dipercaya PO bus untuk mengendarai bus dengan sasis premium, profesi ini dilakoni Lina karena sebagai orang tua tunggal  dia harus menafkahi ketiga anaknya.

  1. Rizah Fitria Utami (PO Sinar Jaya)

Wanita yang akrab disapa Rizah tersebut adalah sopir wanita dari PO Sinar Jaya di KP Rambutan.

Meskipun berstatus sebagai driver cadangan, namun, skill mengemudi bus besar tidak diragukan lagi, hal itu lantaran Rizah sudah mendapatkan SIO (surat izin operasional) yang melancarkan pekerjaannya.

  1. Rosari Wulan Prasasti (PO Trans Musi)

Wanita selanjutnya yang berprofesi sebagai sopir bus adalah Rosari Wulan Prasasti yang bekerja sebagai sopir bus di PO Trans Musi.

Dara manis kelahiran Lampung tersebut berhasil menyabet predikat sopir terbaik pada tahun 2015, mesikpun dia bercerita sempat risih dengan profesinya tersebut.

  1. Nunik (PO Damri)

Sempat viral dengan video di sosial media yang pada saat itu sedang mengemudikan bus dengan menggunakan dress.

Sebenarnya, Nunik adalah seorang staff Damri pusat yang dulu pernah bekerja di bandara Soekarno-Hatta sebagai pengemudi bus Damri.

  1. Bu Yayuk (PO Haryanto)

Wanita dengan nama asli Bekti Rahayu ini adalah seorang sopir bus wanita satu – satunya di PO Haryanto, yang melayani rute antarkota antarprovinsi (AKAP).

Bu Yayuk berprofesi sebagai sopir selama lebih dari 6 tahun, selain menjadi sopir, Bu Yayuk juga seorang konten kreator yang sering menunjukkan kepiawaiannya dalam mengendarai bus.

Itulah sederet potret wanita heroik yang berprofesi sebagai sopir bus.

Berita Terkini

arrow-up