Ilustrasi mencuci motor - astra-motor.co.id

RODANESIA.COM - Menjaga sepeda motor tetap bersih memang menjadi kenikmatan sendiri bagi para pemilik sepeda motor. Salah satu cara menjaga sepeda motor agar tetap bersih adalah dengan mencuci motor.

Apalagi saat musim hujan seperti sekarang, sudah pasti motor yang sering dikendarai menjadi lebih cepat kotor dari biasanya. Entah itu motor digunakan untuk menerobos hujan ataupun motor terkena cipratan air setelah hujan.

Saat motor sudah kotor, pemilik motor mau tidak mau harus mencuci motor. baik dilakukan sendiri dirumah ataupun dibawa ke tempat pencucian motor.

Namun perlu diperhatikan, saat mencuci motor hindari mencucinya saat mesin motor masih dalam kondisi panas.

Minimal berikan jeda waktu antara 5 hingga 10 menit hingga mesinnya dingin dan komponen sekitar mesin juga dingin. Apalagi jika motor dengan jenis sport dengan kapasitas mesin besar yang mesinnya terbuka.

Mencuci motor saat kondisi mesin panas ini bisa menimbulkan efek negatif.  Karena itu, lebih baik menunggu hingga mesin motor dingin saat motor dicuci.

Tujuan menunggu mesin motor dingin sebelum dicuci adalah menghindari terjadinya thermal shock. Kondisi dimana komponen mesin yang terbuat dari material logam mengalami penyusutan karena paparan air dingin.

Selain itu, mendinginkan mesin sebelum dicuci juga menghindari munculnya uap yang bisa menimbulkan embun pada lampu motor atau panel instrumen dan menjadi buram. Lebih buruknya lagi, uap panas ini bahkan bisa menjadikan waterspot pada bagian motor. 

Berita Terkait

Berita Terkini

arrow-up