Foto Drone Terminal Purabaya - halojatim.com

RODANESIA.COM - Transportasi bus menjadi salah satu aspek vital yang tidak bisa dipisahkan dari mobilitas keseharian masyarakat.

Sehingga untuk memenuhi kebutuhan tersebut diperlukan terminal yang memadai di setiap kota dan daerah sebagai akses keluar masuk penumpang bus.

Di indonesia sendiri memiliki banyak sekali terminal bus yang tersebar di berbagai kota – kota besar.

Beberapa terminal memiliki predikat terbaik sebagai salah satu terminal yang memiliki fasilitas lengkap dan memadai sebagai sarana penunjang transportasi bus di Indonesia.

Maka dari itu, simak informasi 5 terminal bus terbaik di Indonesia berikut ini.

  1. Terminal Purabaya (Sidoarjo)

Dikenal sebagai terminal tertua dan tersibuk, Terminal Purabaya memiliki berbagai fasilitas yang sangat memadai bagi calon penumpang bus.

Diantaranya, ruang tunggu yang nyaman, cctv, papan digital penunjuk keberangkatan, perbelanjaan, musholla, toilet, dan akses langsung menuju 19 jalur keberangkatan bus.

Terminal yang dikenal dengan Bungurasih ini juga terlihat bersih, modern, yang dibangun diatas tanah seluas 12 hektar.

  1. Terminal Pulo Gebang (Jakarta Timur)

Terminal bus yang ada di Jakarta Timur ini berpredikat sebagai salah satu terminal terluas di Asia Tenggara.

Diresmikan pada tanggal 28 Desember 2016, Terminal Pulo Gadung merupakan terminal bus tipe A. Dan berdiri di atas tanah seluas 12 hektar.

Terdiri dari 4 gedung, Terminal Pulo Gadung memiliki bagian masing- masing. Yaitu blok A untuk awak bus AKAP, blok B untuk ruang tunggu penumpang, dan blok D untuk jalur trans Jakarta.

  1. Terminal Mengwi (Bali)

Terminal yang berada diluar kota ini memiliki penilaian A atas desain dan segala fasilitas yang mendukung.

Berdiri di atas tanah seluas 12 hektar, terminal Mengwi mampu menampung hingga 150 bus per hari.

  1. Terminal Tirtonadi (Surakarta)

Terminal Tirtonadi merupakan terminal percontohan, dikembangkan dengan nuansa bandara yang luas dan fasilitas terlengkap di Indonesia.

Memiliki luas 5 hektar dan dapat menampung bus hingga 140 per harinya.

Selain itu, Terminal Tirtonadi merupakan terminal yang bisa terhubung menuju stasiun Solo Balapan melalui Skybridge yang membentang sejauh 438 meter.

Fasilitas penunjang lainnya adalah, ruang keberangkatan yang nyaman, jalur difabel, fasilitas E ticketing, ruang kesehatan, ruang laktasi, masjid, toilet dan keamanan yang stanby selama 24 jam.

  1. Terminal Bandar Payung (Pekanbaru)

Terminal Bandar Payung merupakan salah satu terminal termegah yang ada di Indonesia.

Memiliki luas 27 hektar, biaya yang dihabiskan mencapai Rp 57 miliar. Dengan dibangun bernuansa ornamen khas Melayu dengan tambahan warna warni yang menyegarkan pandangan.

Selain itu, terminal ini juga menyediakan penginapan untuk penumpang yang pulang larut malam dengan kapasitas hingga 50 penumpang.

Pencatatan keluar masuk penumpang pun sudah dilakukan dengan menggunakan komputer canggih.

Bagaimana, tertarik untuk trip menggunakan bus lewat terminal mana nih, sob.

Berita Terkini

arrow-up