Ilustrasi motor honda ADV150 - Instagram.com/welovehonda_id

RODANESIA.COM - Skuter matik alias skutik ternyata menjadi primadona pemilik kendaraan roda dua di Tanah Air.

Data menunjukkan hingga Agustus 2022, skutik merajai penjualan motor dengan jumlah persentase mencapai 87,53 persen.

Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mengungkap, skutik memang mendominasi penjualan. Setelah skutik, penjualan dalam jumlah persentase kecil diperoleh oleh jenis uderbone 6,92 persen dan sport 5,55 persen.

Data penjualan motor 2022 (aisi.or.id)

 

Penjualan motor di Tanah Air sepanjang 2022 juga cukup menggairahkan. Setelah ditimpa krisis penjualan pada awal 2020 hingga 2021, penjualan motor menunjukkan geliatnya lagi.

Pada Agustus ini menjadi pencapaian tertinggi penjualan dengan total mencapai 524.821 unit. Hal tersebut juga berbanding dengan jumlah eskpor motor yang mengalami pencapaian tertinggi sebesar 75.481 unit.


AISI Prediksi Penjualan 2022 Capai 5,1 juta-5,4 juta

AISI memprediksi pertumbuhan permintaan sepeda motor baru di pasar domestik berkisar antara 5,1juta-5,4 juta unit di 2022.

Ketua Bidang Komersial AISI Sigit Kumala mengatakan potensi peningkatan penjualan sepeda motor di 2022.

Kemampuan pemerintah mengendalikan pandemi dan dampaknya menjadi salah satu faktor penting yang mendorong membaiknya pasar sepeda motor domestik, mengiringi laju pertumbuhan ekonomi di Tanah Air.

“Memang sempat terjadi penurunan penjualan saat gelombang kedua pandemi meninggi pada Juli dan Agustus 2021. Namun sejalan dengan terkendalinya Covid-19, pasar pun mulai membaik," katanya.

Kendati pasar motor domestik belum pulih seperti sebelum pandemik yang mencapai penjualan 6,4 juta unit pada 2019, Sigit meyakini kemampuan pemerintah mengendalikan Covid-19 dan dampaknya, ditambah vaksinasi yang semakin meluasakan mendorong meningkatnya kepercayaan masyarakat untuk melakukan mobilitas. 

Kondisi ini menjadi daya dorong untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi yang semakin baik, sehingga berdampak positif ke daya beli masyarakat.

Berita Terkini

arrow-up