Mencuci mobil secara rutin bisa mencegah bodi mobil berkarat. - Pexels.com

RODANESIA.COM - Membersihkan mobil merupakan hal yang wajib dilakukan pemilik mobil itu sendiri. Yap, mobil yang bersih dan terawat menggambarkan seperti apa sosok pemilik mobil itu sendiri bukan?

Untuk itu, penting untuk kamu yang memiliki mobil untuk selalu membersihkan mobil, dengan cara memandikannya. Tapi perlu diingat, membersihkan mobil juga harus dengan tahap atau step yang benar dan sesuai, agar mobil bersih terawat. Ketahui juga bahwa membersihkan mobil dengan asal, akan membuat mobil korslet.

Nah, kali ini Rodanesia.com mau bagi tips memandikan mobil dirumah dengan cara yang benar bersih ke bagian mesin tanpa takut korslet. Gimana caranya? Simak penjelasan berikut ini.

Siapkan perlengkapan mencuci

Saat kamu ingin memandikan mobilmu, tahap pertama yaitu dengan menyiapkan alat-alatnya seperti, sabun, selang air, ember shampoo, spons dan kain microfiber untuk mengelap mobil setelah mencuci.

Basahi mobil dengan air bersih

Setelah perlengkapan siap, hal selanjutnya yaitu sebelum menggosok mobil dengan sabun, kamu harus membasuh terlebih dahulu mobil dengan air bersih yang merata dan menyeluruh. Hal ini akan membantu kotoran dan debu yang menempel jadi rontok sebelum menggosoknya.

Gosok dengan cairan khusus pembersih mobil

Perlu diingat, membersihkan mobil sebaiknya tidak menggunakan sembarang cairan atau sabun. Gunakan sabun atau cairan yang memang khusus untuk membersihkan mobil.

Salah dalam menggunakan cairan pembersih, alih alih mobil kamu jadi kinclong malah akan merusaknya. Karenanya, pilihlah sabun dan shampoo khusus untuk mencuci mobil yang tepat dan bisa membuat zat korosif air menjadi pH yang seimbang.

Cuci terlebih dahulu bagian atas mobil

Dalam pencucian mobil, kamu disarankan untuk membersihkan dahulu bagian atas mobil. Sebab dengan membersihkan bagian atas, air sabun akan mengalir ke bawah. Kondisi tersebut akan jauh lebih baik untuk mengurangi kotoran yang ada di bagian mobil.

Gunakan spons khusus yang lembut dan air sabun/shampoo mobil untuk membersihkannya. Pastikan juga kamu sekaligus mencuci ban mobil dan bagian detail mobil lainnya.

Jika semua permukaan sudah disabuni, bilaslah kembali dengan air bersih dan pastikan tidak ada sisa-sisa sabun yang tertinggal. Sebab sisa sabun yang dibiarkan mengiring juga bisa memicu noda titik-titik pada permukaan mobil.

Keringkan dengan  microfiber

Jika proses pencucian sudah selesai, atau mobil sudah kinclong, tahap selanjutnya adalah mengeringkannya. Jika sebelumnya kamu hanya menggunakan chamois atau kanebo untuk mengelap permukaan mobil, ketahuilah bahwa menggunakan kain microfiber yang lembut lebih aman daripada chamois.

Sebab, kain microfiber yang lembut tidak meninggalkan goresan dan punya daya serap kuat, sehingga cocok untuk digunakan untuk permukaan mobil, dashboard hingga kaca.

Kain microfiber juga bisa kamu gunakan untuk mencuci bagian mesin. Perlu kamu ketahui, jika tidak semua bagian mesin bisa kamu siram dengan air begitu saja.

Sebagian komponen bahkan tidak boleh terkena air, sebab akan menimbulkan masalah kelistrikan. Jadi solusinya, cara aman mencuci atau membersihkan ruang mesin adalah dengan menggunakan kain microfiber yang telah dibasahi air sebelumnya.

Tentunya, air yang digunakan secukupnya saja. Selain itu, campurkan air terlebih dahulu dengan cairan khusus penghilang noda oli, penghilang debu, dan grease sebelum menggosok permukaannya secara perlahan. Hindari menggosok dengan keras ketika membersihkan ruang mesin mobil, sebab pada bagian mesin terdapat ECU yang tidak boleh terkena air.[]

Berita Terkini

arrow-up