Untuk memodifikasi pelek ban mobil, kamu harus menyesuaikan dengan ukuran ban, dan juga daya tahan dari pelek tersebut. Pastikan pelek yang ingin kamu gunakan bisa menahan beban berat mobil - RODANESIA.COM/Ica

RODANESIA.COM - Modifikasi mobil sudah menjadi hobi dan salah satu gaya hidup, dengan mengubah model bawaan pabrik menjadi lebih trendi dan kekinian. Terdapat beberapa bagian pada mobil yang paling favorit untuk dimodifikasi, salah satunya pada bagian pelek dan ban mobil.

Kamu perlu tahu bahwa untuk memodifikasi bagian pelek dan ban, itu tidak boleh dilakukan asal-asalan. Karena jika salah-salah, akibatnya akan fatal. Mobil bisa rusak sampai tidak bisa digunakan. Maka berikut ini Rodanesia.com menjelaskan tips aman modifikasi pelek ban mobil.

Sesuaikan ukuran ban

Untuk memodifikasi pelek ban mobil, kamu harus menyesuaikan dengan ukuran ban, dan juga daya tahan dari pelek tersebut. Pastikan pelek yang ingin kamu gunakan bisa menahan beban berat mobil.

Untuk itu, sebaiknya kamu meminta saran dari pabrikan mobil yang ingin kamu modifikasi. Biasanya, produsen akan menyarankan ban pengganti berukuran yang lebih besar tidak lebih dari 2 inci dari ukuran standarnya.

Di dunia modifikasi pelek, dikenal istilah plus one, two atau three. Artinya, penambahan ukuran pelek pengganti bertambah 1 inci, 2 inci, atau 3 inci. Jika ukuran pelek sebelumnya 15 atau 16 inci dan seterusnya, maka ukuran pelek yang ideal untuk dipilih adalah 16 atau 17 inci dan seterusnya yang bertambah satu inci.

Penambahan hingga dua inci ke atas tidak disarankan karena tidak hanya mengecilkan daya cengkeram yang ditimbulkan, hydroplaning resistance maupun traksi juga akan kecil.

Sesuaikan lebar dan ketebalan ban

Selain menyesuaikan ukuran, salah satu hal penting lainnya yaitu sesuaikan ukuran lebar dan ketebalan pelek yang ingin kamu gunakan. Untuk penambahan ukuran pelek 1 inci, maka tebal ban wajib dikurangi 5-10% dari ukuran standarnya. Adapun lebar tapak ban wajib berkurang 10 milimeter. Pastikan juga speed rating (tingkat kecepatan) dan load rating ban baru lebih tinggi dari ban standarnya. Jika kurang paham berapa ukuran keduanya, tanyakan saja ke petugas bengkel.

Ganti shock dan beri tambahan anti roll bar

Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu harus mengganti shock dan spring dengan ukuran yang lebih pendek. Mengapa? Karena fakta selama ini menunjukkan makin rendah kendaraan, maka kendali mobil juga semakin mantap.

Kenyamanan pengemudi dan penumpang akan makin maksimal jika ditambah perangkat anti roll bar. Peranti ini akan dipasang di sistem suspensi roda depan dan fungsinya adalah menyeimbangkan seluruh bagian mobil karena beban yang tidak rata saat mobil berputar atau menikung.

Nah, itu dia tips aman mengganti pelek mobil, yang tak boleh dilakukan asal-asalan. Semoga bermanfaat, ya![]

Berita Terkini

arrow-up