Mengisi tangki bensin dengan berlebihan atau full tank sampai meluber berceceran ternyata bisa menyebabkan banyak kerusakan - INSTAGRAM/manowarbello

RODANESIA.COM - Mengisi bensin merupakan hal rutin yang dilakukan oleh pemilik kendaraan konvensional. Untuk urusan bensin, tentu saja kamu harus melakukan pengisian yang sesuai dan tepat waktu. Tentu, tak boleh membiarkan tangki bensin kering. Hal tersebut sangat tidak dianjurkan, karena dapat menyebabkan kerusakan yang lebih besar.

Tapi tahukah kamu, selain mengisi bensin saat bensin sudah kosong itu berbahaya, ternyata mengisi tangki bensin dengan berlebihan atau full tank sampai meluber berceceran ternyata bisa menyebabkan kerusakan juga.

Kok bisa?

Saat kamu mengisi bensin full tank, cobalah perhatikan Nozzle yang akan dimasukkan ke lubang tangki dan kemudian cairan bensin akan masuk ke dalamnya. Pada proses tersebut, sering kali kita mendapati nozzle mendadak berhenti sendiri dan terdengar bunyi flop. Kamu perlu tahu bahwa jika sudah seperti itu, sebaiknya kamu tak perlu menambahkan bensin lagi. Agar, tetap ada space atau ruang kosong pada tangki. 

Mengapa demikian? Apa manfaat menyisakan sedikit ruang di tangki bensin? Apa hubungannya dengan pengisian bensin yang terlalu penuh? Berikut Rodanesia.com jelaskan. Cekidot!

Bensin kembali tersedot selang nozzle

Saat kamu mengisi bensin dengan penuh dan selang nozzle yang masih berada di dalam tangki, akan berpotensi menghisap kembali bensin yang ada dalam tangki kamu kedalam tangki SPBU. 

Ya, meski tak seberapa, tapi jelas tetap merugikan. Itu karena selang nozzle bisa mendeteksi bensin yang diisi sudah penuh, sehingga otomatis akan menyedot kembali uap bensin yang meluber dari lubang tangki. Hem!

Pembakaran tidak maksimal

Kamu perlu tahu, pada proses pembakaran yang maksimal, tangki bensin membutuhkan ruang agar bisa megembang. Ini yang menjadi alasan kenapa setiap tangki bensin memiliki lubang. Fungsi lubang ini adalah untuk mengurangi tekanan yang dihasilkan ketika bensin berada di dalam tangki.

Jadi ketika tidak ada ruang sama sekali pada tangki, maka gas yang seharusnya keluar dari lubang tersebut malah akan keluar dari tangki lewat selang. Dengan kata lain, bensin yang sudah kamu isi penuh tadi hanya akan terbuang percuma juga dan tidak terpakai sama sekali.

Dampak jangka panjang

Selain dampak langsung di atas, pengisian bensin secara berlebihan juga memiliki potensi buruk yang berjangka panjang. Uap bensin yang tumpah dan meluber akan merugikan kesehatan dan menyumbang polusi udara.

Ingat bahwa segala hal yang berlebihan itu tidak baik. Apalagi sampai tumpah-tumpah, ya kan?[]

Berita Terkini

arrow-up